Blog. Apakah itu?

16.20


Blog merupakan singkatan dari WEB LOG, yang merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu, baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun kadang juga tidak. Situs web seperti ini biasanya bisa diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

SEPINTAS SEJARAH BLOG
Blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat "open source" yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut. Blog memiliki fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sebagian lagi oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi daari tulisan yang dipublikasikan. Namun demikian, ada juga yang sebaliknya atau bersifat non-interaktif. Situs-situs web saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog yang sering disebut sebagai Blogsphere.

KOMUNITAS BLOGGER
Komunitas Blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, hobi, dan lain sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama  seperti Kopdar (Kopi Darat). Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk ke dalamnya.

JENIS BLOG
  • Blog Politik -- berisi tentang berita, keadaan politik, aktivis, dan semua persoalan tentang politik.
  • Blog Pribadi -- disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan dengan teman.
  • Blog Bertopik -- blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tersebut.
  • Blog Kesehatan -- lebih spesifik tentang kesehatan. Blog ini kebanyakan berisi tentang keluhan-keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, dll.
  • Blog Sastra -- lebih dikenal dengan LitBlog (Literaly Blog).
  • Blog Perjalanan -- fokus pada pembahasan tentang cerita perjalanan beserta keterangan-keterangannya.
  • Blog Riset -- berisi persoalan tentang akademis serta berita riset terbaru.
  • Blog Hukum -- berisi tentang persoalan tentang hukum. Biasa juga disebut Blawgs (Blog of Laws).
  • Blog Petunjuk - berisi ratusan link halaman website.
  • Blog Bisnis -- digunakan oleh pegawai ata wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka.

0 komentar