Tentang Dua Kelompok

06.11




Atas kehendak Allah lah kita berpijak di alam tempat bertemunya dua hal yang saling berlawanan. Alam dimana pandangan hidup beraneka ragam, dan dapat saling bertolak belakang. Ada saatnya, hal-hal yang baik akan bertemu dengan hal-hal yang buruk, begitu juga sebaliknya. Kebahagiaan dan kesedihan adalah sebuah keniscayaan, yang akan hadir silih berganti.

Lalu, karena dua hal yang berlawanan itu kita saling membenci? Karena berbeda pandangan, lalu menjadikan kita tak lagi merapatkan barisan? Dan hanya disebabkan ketidakmampuan tuk mengendalikan diri atas semuanya, lantas menyalahkan?

Ingatkah bahwa setelah semua ini, tiap-tiap jiwa akan dikumpulkan kembali? Jiwa-jiwa akan terbagi dalam beberapa kelompok, lalu mempertanggungjawabkan apa-apa yang telah dititipkan padanya dahulu. Dan pada akhirnya, tiap-tiap jiwa  akan kembali pada rumah yang berbeda.

Yang bersabar, istiqomah, percaya meski terasingkan, dan rendah hati akan dikumpulkanNya dalam rumah-rumah yang diberkahi. Di sana, berkumpullah segala yang baik. Ucapan-ucapan yang lembut dan menenangkan jiwa.. Aroma wangi yang tak pernah ada sebelumnya.. Dan ketaatan, tawa bahagia, serta kelegaan akan menjadi pemandangan sehari-hari yang menyejukkan.

Yang tinggi hati, tergesa-gesa, yang menyepelekan dan membangkang, dan semua kesombongan akan dikumpulkanNya dalam rumah-rumah yang jauh dari rahmatNya. Berkumpullah di sana segala sesuatu yang buruk. Teriakan-teriakan penyesalan.. Aroma tak sedap yang belum pernah ditemui sebelumnya.. Dan ratapan-ratapan, tangisan serta rasa terhimpit akan menjadi kawan dalam melewati tiap harinya..

Mari merapatkan barisan. Bersama, kita menyatukan langkah. Saling memaafkan, dan meluruskan niat. Aku dan kamu, ingin berkumpul bersama mereka-mereka yang telah dijanjikan rahmat Rabb nya bukan?



Jakarta, 19 Rabi'ul Akhir 1438 H

0 komentar

My Instagram