TENTANG BUKU KITA

22.53


gambar dari sini

Bersama kuning keemasan mentari yang perlahan menerobos, ada potongan-potongan kenangan yang tetiba tersaji. Tentang cerita-cerita yang telah aku ukir hingga sekarang. Tentang tempat-tempat yang telah aku jelajahi hingga hari ini. Juga tentang kebaikan-kebaikan yang telah memelukku erat hingga detik ini. Mungkin, akal dan hatiku sedang berkonspirasi, menggodaku tuk kembali berhenti sejenak... Ya, mungkin itu yang sedang aku butuhkan. Tuk sekadar duduk menyeruput secangkir teh di sudut teras. Membaca lagi skenario cerita yang sedang aku susun, mencoret yang tak perlu, atau menambahkan sedikit untuk mempermanis jalan cerita..

Ya. Aku sedang menyusun cerita saat ini.
Cerita tentang masa muda yang kupakai tuk berjuang mewujudkan harapan-harapan serta mimpi-mimpi. Karena setiap orang punya mimpi bukan? Tak mudah memang, karena jalan yang ada tidak selalu rata dan berlapiskan aspal yang sempurna. Terkadang berlubang, terjal, ataupun menanjak dengan sudut kemiringan yang tidak biasa. Sesekali, harus singgah untuk mengusap peluh,atau sekadar mengumpulkan semangat tuk kembali melangkah. Tak mudah, namun satu persatu harapan yang kutitipkan pada langit telah tercoret, sebagai tanda bahwa mereka telah berjodoh dengan yang tertulis di lauhul mahfudz. Mungkin, ada beberapa yang tak sejalan dengan harapan. Namun, bukankah semua memiliki waktunya? Jika bukan dikabulkan atau ditunda, akan ALLAH ganti dengan yang lebih baik? 

Ya. Aku sedang menyusun cerita saat ini.
Namun, aku tak ingin cerita ini sebagaimana air mengalir mengikuti kemana arah hilir. Biasa saja, tak menarik. Maka kujelajahi berbagai tempat. Kuseberangi banyak samudera. Kudaki banyak bukit dan gunung. Kutemui banyak manusia, dan menyempatkan berbagi cerita bersama. Kupelajari kebaikan-kebaikan dari mereka, dan kutuliskan dalam lembaran-lembaran. Agar kelak bisa kubagi denganmu.

Kuakui aku sedikit kewalahan menyusun cerita ini sendirian. Suatu hari nanti, pada masanya, aku akan dipertemukan denganmu. Penulis lain yang akan membantuku menulis cerita yang lebih banyak lagi. Suatu sore, kita akan duduk menyuruput hangat di teras belakang, sembari berdiskusi tentang lembaran-lembaran kebaikan yang telah kita kumpulkan. Atau dengan riang memamerkan foto dari tempat-tempat yang telah kita jelajahi. Akan kita jadikan sebuah buku yang paling berkesan, untukmu dan anak-anak kita nantinya. Sebuah buku, dengan kisah-kisah yang tak biasa. Agar nantinya, mereka menjadi pribadi yang lebih berani, menjelajahi berbagai tempat yang belum sempat aku temui. Agar nantinya, mereka menjadi pribadi yang lebih bijak dalam bersikap, yang tak melukai ketika berujar. Agar nantinya, kita punya banyak cerita yang menginspirasi mereka menjadi pribadi yang lebih baik.

Hari ini, ingatanku kembali dipertemukan denganmu. Apa yang sedang kamu lakukan, dan bagaimana kabarmu? Bersemangatkah hatimu hari ini? Jika kebetulan kelabu sedang menghantuimu, aku cuma ingin engkau mengingat tentang buku kita. Semoga, ada sedikit hangat yang memelukmu..

Arya
Makassar, 18.04.2014


"pada rima-rima namamu yang indah, rindu-rindu kecilku ini kelak akan beralun riang. Saat ini, aku hanya ingin menikmati kita dalam aksara.."

*Pun ini adalah cerita tentang semangat pantang menyerah untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Juga cerita tentang menyusun pondasi hati yang kokoh. Masa lalu, terkadang menjebak seseorang ke dalam lingkaran bayangan gelap. Membuat lupa, bahwa setiap orang bisa bermimpi indah. Membuat kita lupa untuk terus menyuburkan dan meneduhkan hati.


4 komentar

  1. tok..tok...berkunjuuuuung

    mari menyusun cerita ^o^

    BalasHapus
  2. Ah ini postingan dari lubuk hati yang paling dalam.
    Saya dapat merasakannya :p

    BalasHapus
  3. iya rika saya setuju saya juga meraskannya

    BalasHapus
  4. Hai, arii. Lama tak menjejak.
    Duhh, bahasamu kawan. Membacanya seolah2 melihat penulis sedang menulisnya di teras depan menyambut mathari pagi dgn secangkir teh. #eh :)))


    Sa kira dirimu nyebrang ke pulo sebelah arii. So balik ternyata.


    BalasHapus

My Instagram