Postingan Penghilang Debu... :D

07.44




Iterative (dalam bahasa Indonesia: Iteratif) itu, sama2 dengan Rekursif merupakan proses pengulangan suatu fungsi. Bedanya:
Rekursif itu punya suatu instruksi yang mampu tuk memanggil fungsi itu sendiri. Proses berulangnya pun tidak tahu kapan selesainya, karena sifatnya yang terus berulang. Kalau Iteratif, ada syarat tertentu yang membatasi. Syarat itu pun merupakan tujuan yang ingin diketahui/dicapai.

Contoh Rekursif itu, proses penentuan angka selanjutnya dari deret Fibbonacci (1,1,2,3,5,8,13,21,...). Dimana fungsinya: F(n)=F(n-1)+F(n-2)+... Katanya juga seperti permainan menara Hanoi. Permainan yang dimainkan Caesar (monyet cerdas) di film The Rise of Planet of The Apes.
Contoh Iteratif itu, algoritma untuk menghitung Faktorial dari bilangan bulat positif FAK(n)! dengan fungsi N!=N x (N-1).
1!: 1*1 = 1
2!: 1*2 = 2
3!: 1*2*3 = 6
4!: 1*2*3*4 = 24
Dan nilai F(n) akan dibatasi sesuai dengan nilai (n) yang diinginkan.
Yang unik, hasil dari (n) faktorial fungsi sebelumnya, bisa dikalikan langsung dengan nilai (n) tujuan fungsi faktorial itu. Jadi, semacam fungsi dalam fungsi. Tapi, apa Iterasi itu bisa dikatakan pembatasan dari Rekursif ya? Karena adanya keadaan yang ingin dicapai (pembatasan nilai fungsi) ? #wondering

#tapi lebih penasaran lagi bagaimana tanggapan dari siapa2 yang singgah membaca. :D

1 komentar

  1. Menurut saya, perbedaan mencolok ada pada menambahkan dan mengalikan, Rekursif menambahkan, Iterasi mengalikan, Iterasi membatasi Rekursif? menurut saya beda, mereka hidup dalam fungsinya masing2, semua komponen dalam kehidupan hidup dalam fungsinya masing-masing, bahkan batas yg membatasi sebenarnya hidup dalam fungsinya sendiri, yakni membatasi

    BalasHapus

My Instagram