Al Qur'an Menjawab Keluhan Kita

00.03

Kita bertanya: Kenapa aku diuji?
Qur'an menjawab:
"Apakah manusia itu dibiarkan saja mengatakan, Kami telah beriman, sedangkan mereka tidak diuji? dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar, dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang berdusta."
(Al-Ankabut, ayat 2-3)

Kita bertanya: Kenapa aku tak mendapatkan yang aku idam-idamkan?
Qur'an menjawab:
"Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui."
(Al-Baqarah ayat 216)

Kita bertanya: Kenapa ujian seberat ini?
Qur'an menjawab:
"Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya"
(Al-Baqarah, ayat 286)

Kita bertanya: Kenapa aku frustasi?
Qur'an menjawab:
"Janganlahkamu bersikap lemah, dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi derajatnya, jika kamu orang-orang yang beriman."
(Ali Imran, ayat 139)

Kita bertanya: Bagaimana aku harus menghadapinya?
Qur'an menjawab:
"Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan jalan sabar dan mengerjakan shalat, dan sesungguhnya shalat itu amat berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk."
(Al-Baqarah, ayat 45)

Kita bertanya: Kepada siapa aku berharap?
Qur'an menjawab:
"Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain daripadaNYA. Hanya kepadaNYA aku bertawakkal."
(At-Taubah, ayat 129)

Kita bertanya: Apa yang aku dapat dari semua ujian ini?
Qur'an menjawab:
"Sesungguhnya Allah telah membeli daripada orang-orang mukmin, diri dan harta mereka dengan memberikan syurga untuk mereka."
(At-Taubah, ayat 111)

Lalu, masih pula kita mengeluh: Aku tak Tahaan!!
Qur'an menjawab:
"... dan janganlah kamu berputus asa daripada rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa daripada rahmat Allah melainkan kaum kafir."
(Yusuf, ayat 87)

Kita bertanya: Sampai kapan aku merana begini?
Qur'an menjawab:
"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan."
(Al-Insyirah, ayat 5-6)


LALU, MASIHKAH KITA BERKELUH KESAH?
UNTUK APA?

8 komentar

  1. dan cukuplah Allah Menjadi Penolong Kami..

    BalasHapus
  2. betul banget kadang kita sibuk mencari jawaban dai banyak pertanyaan melalui cara yang lebih rumit padahal dalam Quran terkandung semua jawaban pertanyaan itu, btw susah euy ga tau kenapa tombolnya apa browser saya nih

    BalasHapus
  3. seringkali kita lupa bahwa dalam alquranlah ada jawaban atas semua pertanyaan dan kebimbangan kita..

    terimakasih sudah mengingatkan
    kenaliin..saya miss mbok paija..:D
    ijin follow juga..

    BalasHapus
  4. Pertanyaan selanjutnya.. "Apa sih yang ga ada di dalam Al-Qur'an??"..:D

    Semua jawaban ada di dalam sana... tinggal bagaimana kitanya saja yang berusaha untuk menggali dan menemukan jawaban itu di sana...

    ijin copy yaaa... sebagai bahan pengingat juga ketika sedang penuh keluhan...:)

    BalasHapus
  5. Suka dengan Posting ini, bisa dijadiin referensi, great

    BalasHapus
  6. @ mas dAnonim yg penuh kisah cinta:
    Ya, cukuplah Allah. Karena IA yang memiliki semuanya..:)

    @kak Yudy:
    Lama tak mampir di mari bang. Syukraan. Ya, semuanya ada. Tingal kita nya saja yang mau atau tidak mempelajarinya ya.. :)

    @Mbok Paija:
    Syukran dah mampir. Iya, jadi, mari perangi virus lupa ya? :)

    @kak Sam:
    Pertanyaan selanjutnya, siapakah psikolog abal-abal itu? Hahaha..
    Silahkan dicopy saja kak. Di print, terus ditempel di dinding kamar sebagai pengingat. :)

    @mba Mayya:
    Wah, sepertinya penungjung baru ya. Syukran..

    @kak Insan:
    Hayuk di sebar. Semoga bermanfaat kak.. :)

    BalasHapus
  7. Al-Qur'an adalah firman Allah Yang Maha Tahu akan keluh-kesah hamba-Nya.

    BalasHapus