Hargai Sebuah Karya

13.22











Adalah sesuatu yang menyenangkan bila karya kita bermanfaat untuk orang lain. Bila karya kita menjadi bagian dari perjalanan seseorang untuk kembali menjadi lebih baik. Namun, bayangkan bagaimana rasanya, bila karya yang engkau hasilkan, yg lahir dari rahim kata sebagai hasil perenunganmu itu, oleh orang lain diakui sebagai karyanya. Bukan... Bukan saya menyoal tentang karya ini adalah sesuatu yg istimewa, sehingga menjadikannya hanya milik saya seorang. Bukan.. Bukan pula menyoal rasa sombong karena pikirmu ini hanyalah rangkaian-rangkaian kata semata.

Tapi pikirkanlah hal ini. Karena kebohongan seseorang yang mengakui hasil karya orang lain, akan berlanjut pada orang-orang lain yang ikut menyebarkannya. Dan akan berlanjut lagi jika yang menyebarkan itu ikut berbohong, mengakui bahwa itu adalah karyanya. Jadinya, kebohongan kecil akan menjadi skala besar. Bagaimana bisa keberkahan Pemilik Semesta turun dan menghiasi keseharian kita? Bukankah kita akan menjadi lebih besar , lebih baik dengan menghargai hasil karya orang lain?


Kantor


Postingan asli saya, dengan judul Akan Tiba Saatnya

2 komentar

  1. Dulu saya sering share tulisan saya di mana-mana. Di notes Facebook, di Kompasiana, di Kaskus, dll. Tapi kemudian saya menemukan bahwa tulisan saya banyak dicopas oleh orang2 yg tidak bertanggung jawab. Semenjak itu, saya jadi eksklusif cuma menulis di blog (yg udah diproteksi) dan juga di wattpad. Memang menyedihkan ya mental bangsa kita ini, pengennya serba instant, tidak menghargai karya orang

    BalasHapus
  2. tapi yg terakhir better lah ya, dikasih hestek #coratcoretmakna
    titin pernah liat blog yang isinya hampir semua copas blog titin tanpa sumber :D

    ada juga blog yang selalu nukil kalimat dr blog titin tanpa sumber juga. eeh, giliran dia ambil kalimat dr blogger terkenal ditulislah itu sumber ahaha..

    tapi kalau titin liat-liat sik, kalau blog nya pribadi dan ga disebarin, titin msh diem. kalau di FB lain lagi. karena dia banyak dibaca dan diliat orang.

    pernah juga sik di FB, itu tagline blog diaku-aku. :D

    smoga makin berkah ya, tulisan2 arya. menemui takdir terbaik-Nya, menggerakan orang yang membacanya untuk turut berbuat baik.

    sekian curhat saya, ahah

    BalasHapus

My Instagram