PEMUDA, PENGUBAH WAJAH DUNIA!

11.55



::Bukanlah seorang pemuda yang mengatakan INI BAPAK SAYA.
INI ADALAH SAYA. Itulah yang seharusnya dikatakan seorang pemuda::

Melihat keadaan sekarang, dimana pemuda-pemuda dengan gaya hidup mereka masing-masing. Urban.. Glamour.. Stylish... Namun, terkadang lupa, itu semua bukan berasal dari hasil kerja kerasnya.. Tak lebih karena kalian menumpang hasil keringat orangtua. Rangkaian kata ini kupersembahkan tuk kalian. Bukan tuk mengkritik.. Bukan pula karena iri.. Namun, sekedar ajakan, mari sejenak kita maknai...
----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lahir pada tanggal 28 Oktober 1955. Saat berumur 12 tahun, lewat bahasa pemograman sederhana, ia bisa mengembangkan game Tic Tac Toe yang memungkinkan pemain bisa bermain melawan komputer. Pada umur 20 tahun, ia mengembangkan sebuah algoritma "Pancake Sorting" sebagai salah satu solusi dari serangkaian masalah pemograman yang belum  terpecahkan. Saat di Harvard University, Bill Gates tidak begitu tertarik dengan kuliah. Ia malah banyak menghabiskan waktunya untuk mengutak-atik komputer milik universitas.

MITS Altair 8000 adalah sebuah komputer portabel yang mulai populer pada saat itu. Bill Gates memandang ini sebagai kesempatan untuk mengembangkan software tuk komputer tersebut, yaitu Altair Basic (atau lebih dikenal dengan Microsoft BASIC). Akhirnya, bersama Paul Allen, ia mendirikan Micro-Soft, sebagai usaha kecil-kecilan perangkat lunak sebuah komputer. Seiring waktu, perusahaan kecilnya tumbuh dan kini menjadi sebuah perusahaan software raksasa di dunia, dikenal dengan nama MICROSOFT.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lahir di Taipei pada tanggal 6 November 1968. Dia pindah ke San Jose, California pada usia 10 tahun, dengan adik dan ibunya. Ayahnya meninggal ketika ia berusaha dua tahun. Saat pindah ke Amerika, ia hanya mengerti satu kata dalam bahasa Inggris, yaitu "shoe" (sepatu).

Pada saat ia berumur 26 tahun (1994), saat ia kuliah di Teknik Elektro Standford University, ia bersama David Fillo menciptakan sebuah website yang terdiri dari direktori situs-situs lain. Pada awalnya situs tersebut bernama JERRY AND DAVE'S GUIDE TO WORLD WEB, yang kemudian berubah menjadi YAHOO, yang mencerminkan keberhasilan mereka dalam proyek tersebut. 
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lahir pada tanggal 26 Maret 1973 di Michigan, Amerika Serikat. Kedua orang tuanya adalah profesor komputer di Michigan University. Pada saat kuliah, ia terkenal sangat aktif dalam riset mobil tenaga surya di universitas itu. Ketika menjadi seorang siswa di program Ph.D ilmu komputer Universitas Standford, Larry bertemu dengan Sergey Brin. Mereka lalu merancang sebuah web pencari. Lewat sebuah komputer sederhana, mereka mengadakan riset kecil-kecilan tentang pendataan database web. Kemudian dengan sumbangan dana berbagai teman di universitas dan keluarga, mereka mulai membeli server untuk mengembangkan riset.

Saat Larry berumur 23 tahun, GOOGLE pertama kali diperkenalkan di server lokal Universitas Stanford sebagai mesin pencari internal. Selanjutnya domain "Google" mulai didaftarkan dan dikenal dunia pada tahun 1997. Google resmi menjadi sebuah perusahaan saat Larry berusia 25 tahun. Keberhasilannya serta efektifitas Algoritma Page Rank dan pengembangan web crawler yang mereka kembangkan membuat Google tumbuh menjadi perusahaan raksasa. Google tidak hanya membuatnya menjadi orang yang kaya, namun lebih dari itu, menjadikannya sebagai orang yang cukup berpengaruh dan disegani dunia.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bukan tentang asal keluarga mereka... Bukan tentang kepintaran mereka... Bukan tentang keadaan ekonomi mereka yang cukup... Bukan itu kawanku..
Cerita ini tentang kemauan.. Kemauan tuk bekerja keras! Kemauan tuk bermimpi!

Keterbatasan?? Ya, kita memilikinya. Karena kita adalah manusia..
Namun, bukankah Tuhan menciptakan kita, tak lupa IA menitipkan kemampuan untuk memilih? Hidup terus dengan keterbatasan-keterbatasan itu sampai kita menutup usia, atau memilih tuk memerangi keterbatasan-keterbatasan itu satu persatu, dan hidup dengan kehidupan yang menakjubkan?

Mari, raih mimpi-mimpi kita.
Buatlah dunia tersenyum pada kita, bukan karena asal kita.Bukan karena pada siapa kita berpijak.
Namun, buatlah mereka tersenyum, karena diri kita, dan inspirasi-inspirasi yang kita berikan kepada mereka.
Buatlah jiwa mereka bergetar, lalu menangis terhadapmu. Bukan karena kasihan, bukan karena iba.
Namun, buat mereka menangis karena kemampuan kita mengatasi keterbatasan itu..

Sekali lagi, ku meminjam rangkaian kata dari sahabatku bang Qefy yang sangat menginspirasi bagiku:
"Semoga kita tak terlambat, memberi yang terbaik, dari hidup kita masing-masing..."

video
Liu Wei, seorang pianis tanpa lengan dari Cina.
Ia, dengan kerasnya berusaha, karena ingin meraih mimpinya menjadi musisi.
Didukung dengan penyemangat sederhana, ingin melihat ibunya bangga..

Beberapa waktu yang akan datang, kita akan bertemu lagi. Dengan cerita sukses kita masing-masing.. Dengan cerita hebat kita masing-masing.. Aahh, betapa ku tak sabar menanti saat itu.

"Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia"
(bung karno)


12 komentar

  1. ketika dunia mengumumkan mereka yang di bawah batas 'kenormalan' dengan prestasi mereka...kita yang dikarunia kelengkapan indra,...hanya mengais jejak demi jejak..smoga esok lebih baik, karena masih ada semangat disini^^

    BalasHapus
  2. karena terkadang, atau bahkan sering, mereka yang dibawah batas "kenormalan" selalu saja memberi pelajaran hidup terhadap kita yang menyebut diri kita "normal" ini..

    Ya, setuju dengan Uty. Semoga esok lebih baik.

    BalasHapus
  3. Liu wei main piano hanya untuk membuat ibunya bangga.
    tapi secara tidak langsung memberikan dorongan dan semangat pada orang-orang yang putus asa tentang hidup...
    ahh sungguh tulisan yang sangat bagus :)

    BalasHapus
  4. @Uccank : Iya, saya tadi sedikit terharu liat videonya. Dada rasanya tergetar hebat. Dinding nurani terketuk lagi..

    BalasHapus
  5. "if you had your arms amputated what would you do?"

    i never imagine that..

    BalasHapus
  6. Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu.. -arai-

    Semoga Dia memeluk mimpi-mimpi siapapun yang memiliki impian, hingga impian itu terwujud menjadi Nyata.. :angel

    BalasHapus
  7. @Kak Andin:
    Yes, me too. I never imagine about that... Espisially coz we'll work as an Architect. And our hand is the main property for it. And, if i have too use my feet to work, and according to me right now, I think i'm not ready for that... Great Proud to Liu Wei.

    @Pipi:
    Amiiinnn.. Mari kita berani tuk bermimpi. Karena menurutku, mimpi itu adalah salah satu bentuk doa. Dan doa-doa, bukankah sudah dijamin bahwa DIA akan mengabulkannya? Cepat atau lambat...

    BalasHapus
  8. Uty, Uccang, Kak Andin, Pipi, Thanks for Visiting.. :)

    BalasHapus
  9. tak perlu malu tuk mimpi, wlo kadang banyak yang berkata itu tak mungkin,,,jika kita percaya itu mungkin,,,pasti bakal jadi mungkin,,,
    8)

    BalasHapus
  10. @Egha:
    Yakin adalah salah satu jalan mengundang si keberhasilan. Siiiip!

    BalasHapus
  11. Baca profile pinjam sy jadi ingat status fb setahun silam "Saya ingin hidupku melegenda seperti para aulia jaman dahulu". Maksudnya ingin jadi orang berpengaruh di dunia yg cm sementara ini. Bill Gates telah berhasil membuat perubahan menjadi lebih baik dan efisien. Ah, semoga kita bisa melakukan perubahan yg bermanfaat bagi dunia. Allah bersama mereka yang bersungguh2, manjada wajada. Selamat malam ya Makasar ^___^

    BalasHapus
  12. @bang Qefy:
    at least berpengaruh ke saya.. Jadi, Alhamdulillah cita-cita nya kesampaian..
    :)

    Perubahan, setidaknya untuk diri kita dan lingkungan sekitar..

    BalasHapus

My Instagram